Rabu, 13 Desember 2017

Bongkar Pasang AC Surabaya

Bongkar Pasang AC Surabaya

humatekniksurabaya.blogspot.co.id


Bongkar Pasang AC Surabaya. Dalam pembahasan kali ini tentang AC kami akan memberikan sedikit tips kepada Anda beberapa hal tentang pemasangan AC yang perlu kita ketahui. Salah satunya tentang posisi/letak pemasangan AC agar terlihat lebih rapih, juga menambah kesan ruangan menjadi indah  karena jangan sampai setelah AC di pasang malah membuat Anda dan keluarga  menjadi tidak nyaman dan kesulitan untuk melakukan perawatan pada AC Anda. Pastinya Anda tidak menginginkan hal tersebut terjadi pada Anda.
Beberapa hal yang perlu Anda hindari pada saat menentukan lokasi pemasangan AC:
·         Gas yang mudah terbakar
·         Udara yang mengandung kadar garam yang tinggi
·   Oli mesin
·         Kondisi lingkungan khusus
Pemasangan Unit Dalam (Indoor AC):
1.      Pasang indoor AC memblakangi pintu masuk, dengan tujuan agar udara yang dingin yang di hasilkan tidak cepat terbuang ketika pintu di buka.
2.   Hindari indoor di atas peralatan elektronik lain seperti peralatan Komputer, Tv, Telfon dan Lainnya dengan tujuan untuk menghindari kesulitan dalam maintenance bocor air atau airnya netes.
3.  Hindari pemasangan AC di atas tempat tidur,dengan tujuan sama seperti No.2
4.    Hindari pemasangan indoor dengan mulut indoor menghadap pada kita, agar kita mendapatkan efek dinginnya saja.
5.   Usahakan drainase tertata dengan baik. Jika tempatnya berada di tengah-tengah ruangan, maka maka siapkan lah jaringannya terlebih dahulu sehingga mempermudah dalam instalasi dan tidak merusak ruangan.
6.    Jangan terlalu rapat dengan atap plafon: kurang lebih 15 cm dari atap hal ini bertujuan agar sirkulasi udara berjalan dengan baik. Sebab udara yang di tiupkn oleh indoor unit di hisap dari bagian atas dan depan indoor unit, jadi kalau bagian indoor atas tertutup atap akan sangat mengurangi kualitas pendinginan.
7.   Ketinggian unit indoor minimal jarak 2,5 meter dari lantai agar tidak mudah di sentuh oleh anak-anak.
8.   Pasang pada tempat yang dapat menahan beratnya unit. Hati-hati bila memasang pada dinding yang memakai batako.
9.    Pilih posisi yang memudahkn pemasangan pipa dan kabel-kabel yang menuju unit luar (outdoor) untuk menghindari banyaknya tekukkan-tekukkan pada pipa AC.
10.  Sediakan tempat yang cukup luas untuk memudahkan pelepasan cashing indoor dan pencucian filter indoor pada saat perawatan AC.

11.  Pastikan buangan air AC dari indoor mengalir dengan baik dan lancer untuk menghindari terjadinya luapn air buangan AC ke dalam unit indoor. Oleh karena itu saat kita membuat jalur pembuangan air, kita harus ingat bahwa air mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat lebih rendah.
Pemasangan Unit Luar (Outdoor AC) :
1.  Unit luar tidak boleh terpasang terbalik karena oli pelumas kompresor  akan masuk sirkuit pendingin, sehingga dapat merusak unit AC.
2.   Pilih tempat terbuka dan kering, serta hindari dari sumber panas matahari langsung.
3.    Pasang di tempat yang tidak mengganggu jalan(bila di rumah berada di gang yang sempit)
4.   Pilih tempat yang suara operasi dan hembusan udara outdor tidak mengganggu tetangga.
5.  Buat jarak pemasangan outdoor  AC yang memudahkn dalam hal perawatan AC.
6.  Jika unit luar (outdoor) di pasang terlalu tinggi perhatikan breaket penyangganya.
7.  Jika posisi outdoor lebih tinggi dari indoor, kama usahakan menggunakan trapping (pipa di lengkungkan lebih tinggi dari outdoor) agar oli tidak terlalu banyak menggalir di pipa refrigern.
Prinsip Dasar Kerja AC Split
Untuk lebih mengerti ini perlu prinsip dasar cara kerja komponen dasar AC yang terdiri dari:
1.     Kompresor (menaikkan tekanan, Freon gas menjadi tekanan)
2.   Kondensor (membuang panas, sehingga Freon gas berubah menjadi cair)
3.      Dressol /katup ekspansi  (menurunkan tekanan, Freon cair menjadi dingin)
4.     Evaporator (menyerap panas, Freon cair menjadi gas)
Proses perubahan wujud cair menjadi gas memerlukan energy. Energy di serap dari lingkungan yaitu tempat evaporator berada, berupa energy mudah di serap, yakni energy panas sensible (computer,manusia,dinding,dll) dan panas laten (keringat, dsb). Setelah refrigerant menjadi gas, dia tidak akan menyerap energy lagi, sehingga di cairkn kembali agar siklus dapat berkelanjutan kembali.
Langkah pertama pencairan dengan pemadatan oleh kompresor. Kemudian dikondensasikan dalam kondensor ketika terjadi proses kondensasi, refrigerant melepaskan energy. Itulaah sebabnya mengapa tiupan kondensor terasa hangat bahkan cenderung panas. Refrigerant cair siap di proses menjadi gas dengan bantuan katup ekspensi yang berfungsi mengubah cairan menjadi kabut atau embun. Selanjutnya proses berulang dengan evaporasi tadi.

Apakah Anda masih bingung dengan penjelasan dari kami di atas ??? Jadi di dalam pipa AC yang sepasang itu, Ada yang berisi Freon cair dan gas. Karena cairan lebih berat dari gas, Freon cair menghasilkan dingin sebisa mungkin/ sebanyak mungkin harus berkumpul di indoor unit. Dan untuk itu posisi yang baik adalah indoor di bawah sementara outdoor di atas.

Tapi jika Anda merasa masih belum jelas juga dengan penjelasan kami dan Anda tidak ingin ribet dengan hal itu pemasangan AC yang menyita waktu Anda.  Anda bisa menghubungi tukang service AC langganan Anda untuk memasang AC agar AC Anda terpasang dengan benar dan Anda hanya tinggal menggunakan dan merasakan ruangan menjadi lebih nyaman dan dingin.
Apalagi jika Anda memakai Jasa Service AC kami harga yang kami tawarkan amat sangat ekonomis,AC Anda terpasang dengan baik,dingin dan bergaransi pula. Bagaimana dengan penawaran kami cukup memuaskan bukan di jamin Anda tidak akan kecewa sudah menggunakan Jasa Service AC kami.
Kami pun memiliki tekhnisi yang handal di bidangnya dan bertanggung jawab tekhnisi kami juga di bekali dengan peralatan yang memadai jadi Anda tak perlu risau jika memakai Jasa Service AC kami. Kami pun memiliki operator yang ramah yang akan melayani segala keluhan Anda dengan sangat baik. Berikut ini jika Anda ingin memakai Jasa Service AC kami Anda bisa menghubungi kami di No berikut ini:
NO   HP          :082335610050/082298132987
WA               :082298132987
Website          :serviceacsurabayacvjoyo.co.id



Tidak ada komentar:

Posting Komentar